Main Menu

Blog Berbagi

Jumat, 06 November 2009

Perbedaan Dan Persamaan WiFi Dan WiBro

WiFi


WiBro




Pernahkan kalian melihat sambungan komunikasi tanpa kabel? Teknologi itu dikenal dengan Wirelless Fidelity (WiFi), sedangkanWireless Broadband (WiBro) adalah turunan dari WiFi yang pastinya lebih baik dari WiFi, LALU APA BEDANYA???



WiFi

             WiFi, Teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan frekuensi tinggi berada pada spektrum 2,4 GHz. Wi-Fi memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

              Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kepraktisan,tidak perlu repot memasang kabel network. Untuk masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh.



WiBro
               Wireless Broadband memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat. Termasuk ponsel, komputer notebook, dan PDA. Dari segi mobilitas, Wireless Broadband juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang menjadi standar internet nirkabel. Jangkauan WiFi masih terbatas kira-kira sampai 100 meter, sementara Wibro diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari stasiun pemancarnya.

               Akses Wireless Broadband juga disebut masih bisa diterima di dalam kendaraan berkecepatan 60 kilometer per jam. WiBro dikembangkan Samsung bersama dengan Electronics and Technology Research Institute (ETRI) dan telah mendapat sertifikat dari Wimax Forum. Teknologi ini mampu mengirim data dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Kecepatan transfer data mampu mengungguli kecepatan transfer data berplatform HSDPA yang memiliki kemampuan mengirim data hingga 14 Mbps.


Pebedaannya

1). Jangkauan WiFi hanya 100.m sedangkan WiBro 1.km.
2). WiBro dapat di akses dari kendaraan dengan kecepatan 60 km/jam, sedangkan WiFi tidak.
3). WiBro memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding WiFi


Persamaan

1). Sama-sama koneksi tampa kabel (wireless).
2). sama-sama punya jangkauan tertentu yang berbeda.


Blogged with the Flock Browser

3 komentar:

Fina Chairani mengatakan...

Thanks artikelnya...

Membantu saya mengerjakan tugas TIK.

Rizal Althur mengatakan...

iyah sama sama.. saya baru buka blogger lagi..:)

Muhammad Fawaaid mengatakan...

Terima Kasih!! Post Anda Membantu jangan lupa ya Blog saya ^_^'
http://aikawafaith.blogspot.com/

Poskan Komentar

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers